Pondok Pesantren

Kegiatan Di Pesantren Al-Azhar Cirebon
Kegiatan Di Pondok Pesantren Al-Azhar Cirebon

Dalam pemakaian sehari-hari, istilah “pondok pesantren” bisa disebut dengan pondok saja, atau kedua kata ini digabung menjadi pondok pesantren. Pada prinsipnya kedua istilah ini mengandung makna yang sama, kecuali sedikit perbedaan. Asrama yang menjadi penginapan santri sehari-hari dapat dipandang sebagai pembeda antara pondok dan pesantren.

Profil Pondok Pesantren Al-Azhar

Visi

Menjadi lembaga pendidikan pesantren berbasis imtak dan iptek terbaik yang melahirkan santri paripurna.

Kegiatan Di Pesantren Al-Azhar
Kegiatan Di Pesantren Al-Azhar

Misi

  1. Mencetak generasi islami yang beraqidah salimah, beribadah shahihah, dan berakhlak al-karimah.
  2. Menghasilkan santri yang menguasai llmu pengetahuan dan teknologi informatika.
  3. Menjadikan santri berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik.
  4. Menjadikan santri sehat jasmani, rohani dan sosial.
  5. Mencetak santri yang siap diterjunkan di masyarakat sesuai dengan bidangnya.
  6. Melaksanakan pengelolaan institusi dan administrasi pondok secara islami.
  7. Menjalin hubungan dan kerjasama dengan pemerintah, swasta dan organisasi islam.
Kegiatan Di Pesantren Al-Azhar
Kegiatan Di Pesantren Al-Azhar

Tujuan

  1. Mengembangkan budaya pondok pesantren yang religius melalui kegiatan keagamaan.
  2. Menumbuhkembangkan nilai-nilai kepesantrenan dalam setiap kegiatan.
  3. Membina kemandirian peserta didik melalui berbagai kegiatan.
  4. Membekali peserta didik dengan ilmun teknologi informasi dan wawasan global.
  5. Memenuhi sarana dan prasarana pembelajaran.
  6. Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam pengelolaan pondok pesantren.
Sekolah Islam Cirebon
Kegiatan Di Pesantren Al-Azhar

Strategi Pondok Pesantren Al-Azhar

  1. Pengelolaan organisasi, administrasi, dan manajemen pondok pesantren yang modern, profesional, dan Islami.
  2. Pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.
Sekolah Islam Cirebon
Kegiatan Di Pesantren Al-Azhar Cirebon

Rencana Kerja Tahunan

  1. Pengadaan buku mutaba’ah. Buku ini berfungsi sebagai catatan amalan ibadah harian santri seperti shalat berjama’ah, shalat sunnah, dzikir pagi dan petang, tilawah Al-Qur’an dan lainnya. Harapannya dengan adanya buku mutaba’ah ini para santri dan santriwati lebih bisa terpantau aktivitas ibadahnya dan membantu memudahkan bagi pengurus untuk mengevaluasinya serta memotivasi santri untuk lebih semangat beribadah.
  2. Pengadaan buku resume kajian. Buku ini berfungsi sebagai tempat santri menghimpun faidah-faidah kajian bersama para ustadz dan ustadzah yang diselenggarakan setiap malamnya. Harapannya santri dan santriwati menjadi lebih mudah untuk mengulang kembali pelajaran yang telah didapatkan.
  3. Pengadaan lembar penilaian kebersihan kamar santri dan santriwati. Lembar ini berfungsi untuk memudahkan penilaian kebersihan kamar santri dan santriwati sehingga dapat terlihat peningkatan karakter cinta kebersihan santri dan santriwati. Harapannya santri dan santriwati menjadi lebih antusias untuk menjaga kebersihan lalu terbiasa dengan hal tersebut sehingga menjadi kebiasaan baik yang tertanam dalam pribadi santri dan santriwati.
  4. Pengadaan presentasi kajian. Presentasi kajian berfungsi untuk mengetahui tingkat kehadiran santri dan santriwati dalam mengikuti kegiatan kajian. Harapannya dengan adanya presentasi santri dan santriwati menjadi lebih disiplin dalam menghadiri kajian.
  5. Pengadaan surat izin kepulangan. Surat ini berfungsi untuk memonitor santri dan santriwati mana saja yang akan pulang pada setiap pekannya. Harapannya santri menjadi lebih disiplin dan terlatih memiliki perencanaan yang baik.
  6. Pengadaan buku izin keluar asrama. Buku ini berfungsi untuk mencatat aktivitas keluar masuk asrama para santri dan santriwati. Harapannya santri dan santriwati menjadi lebih disiplin dan pengurus menjadi mudah untuk memantau keberadaan santri dan santriwati.
  7. Pengadaan buku pedoman santri. Buku pedoman ini berisi tentang berbagai informasi mengenai Pondok Pesantren Al-Azhar Cirebon, dari mulai profil ponpes sampai dengan tata tertib yang berlaku di pondok pesantren. Harapannya dengan santri memahami buku ini, santri menjadi lebih sadar ruang bahwa ia sedang berada dimana dan apa yang harus dilakukan selama tinggal di lingkungan Pondok Pesantren Al-Azhar Cirebon ini.
  8. Mencetak jadwal piket. Dengan adanya jadwal piket diharapkan santribmemiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan kepadanya sehingga ia dengan disiplin menjalankan piket yang akan memberikan dampak kebersihan dan kenyamanan di asrama.
  9. Mencetak struktur organisasi santri. Harapannya dengan terpampangnya struktur Organisasi santri dan santriwati memiliki kesadaran akan jabatannya sehingga dapat melatih kepemimpinan para santri dan santriwati.
  10. Pelaksanaan ujian akhir semester. Dengan dilaksanakannya ujian akhir semester maka kompetensi santri dapat terukur setiap semesternya, baik dalam keilmuan aqidah, fikih, bahasa arab, sirah dan tahfidz serta beberapa kompetensi keilmuan lainnya.
  11. Pengadaan Raport santri dan santriwati. Setiap semester orangtua akan mendapatkan laporan hasil belajar selama satu semester anak-anaknya. Didalamnya berisi nilai hasil belajar, catatan pemantauan aktivitas santri serta perkembangan karakter santri.
  12. Pengadaan buku tamu. Buku tamu berfungsi untuk memonitor siapa saja yang berkunjung ke pondok pesantren al azhar pada setiap bulannya, maka akan diketahui orangtua yang menjenguk anaknya dan berbagai tamu yang berkunjung ke pondok pesantren akan tercatat di dalam buku tersebut.
  13. Pengadaan presensi pengajar. Fungsi dari presensi pengajar adalah untuk mengetahui tingkat kehadiran pengajar untuk memberikan kajian pada santri dan santriwati serta sebagai bahan bagi pengurus untuk melihat materi apa yang disampaikan oleh pengajar.
  14. Perbaikan pelayanan kepada pengajar. Pengajar ketika memberikan materi terkadang didapati membutuhkan air minum dsb. Maka pengadaan air minum bagi pengajar dll sangat diperlukan sekali guna kenyamanan proses kegiatan belajar mengajar.
  15. Membuat sosial media pondok pesantren al-azhar. Di zaman saat ini sangat penting untuk memiliki sosial media sebagai sarana untuk mengeskpose berbagai bentuk kegiatan yang ada di pondok pesantren al-azhar sehingga diharapkan sosial media ini dapat menjadi sarana promosi pondok pesantren al-azhar kepada masyarakat luas.
  16. Mengadakan berbagi kegiatan diantaranya:
    • Olahraga pagi setiap hari sabtu pagi pekan ke-2 dan ke-4.
    • Malam kebersamaan.
    • Sabtu bersih setiap pekan ke-2 dan ke-4.
    • Basic life skill.
    • Rihlah.
    • Membuat projek seperti membuat konten mading dan lain-lain.
    • Seminar kewirausahaan dan kepemimpinan.
    • Pelatihan Microsoft Word, Excel, Power Point, serta aplikasi Canva.
    • Penggalangan sumber dana yang memadai.
    • Pengembangan kawasan dan bangunan fisik.
    • Pengkaderan berkesinambungan.
    • Penguatan dan perluasan jaringan komunikasi dan informasi.
    • Peningkatan pelayanan, pemberdayaan, dan pengabdian kepada masyarakat.
Sekolah Islam Cirebon
Kegiatan Di Pesantren Al-Azhar Cirebon

Data Terkait Pondok Pesantren Al-Azhar

  • Nama Ponpes: Pondok Pesantren Al-Azhar.
  • Alamat: Terlampir disini.
  • Nomor statistik: 511.2.32.75.2.035.
  • Tahun berdiri : 2012.
  • Badan penyelenggara: Yayasan Pendidikan Islam Putera Bangsa.
  • Pendiri: Drs. H. Abu Malik, M.Pd.
  • Ketua Ponpes : Lutphi Meinaldi, S.Pd.
  • Nomor Handphone ketua Ponpes: 089522210740.
Scroll to Top